Gerhana Bulan Penumbra 11 Januari, Berlangsung 4 Jam Lebih

oleh -

SNdotCOM, Jakarta – Setelah menyaksikan Gerhana Matahari Cincin (GMC) di pekan tekahir 2019 lalu, malam nanti sebagian wilayah Indonesia akan dihiasi fenomena alam Gerhana Bulan Penumbra.

Menurut data Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG), Gerhana Bulan Penumbra akan berlangsung selama lebih kurang 4 jam 08,7 menit.

Visibilitas Gerhana Bulan Penumbra ini, dapat disaksikan di wilayah Asia, Eropa, sebagian besar Afrika bagian Timur, sebagian kecil Australia bagian Barat, dan Samudera Hindia. Sementara proses gerhana pada saat bulan terbit, dapat diamati di Afrika bagian Barat, Samudera Atlantik, sebagian kecil Amerika bagian Timur Laut, dan sebagian kecil Amerika Selatan bagian Timur. Sedangkan proses gerhana pada saat bulan terbenam, dapat diamati di Amerika Utara bagian Barat Laut, Samudera Pasifik bagian Barat, dan sebagian besar Australia bagian Timur. Gerhana ini tidak akan dapat diamati di sebagian besar wilayah Amerika dan Samudera Pasifik bagian Timur.

Untuk wilayah waktu Indonesia bagian Barat, awal Gerhana Bulan Penumbra nanti akan dapat disaksikan mulai pukul 00.05,7 WIB tengah malam, Sabtu (11/1). Sedangkan puncaknya, dapat dilihat pada pukul 02.10,0 WIB dini hari. Sementara akhir Gerhana Bulan Penumbra akan terlihat pada pukul 04.14,4 WIB. (ist)

loading...