Dipelopori Dasril, `Terus_Bergerak` Jadi Semangat Baru Kaum Muda Talamau

By Salingka Nagari 29 Feb 2020, 17:57:53 WIB Daerah
Dipelopori Dasril, `Terus_Bergerak` Jadi Semangat Baru Kaum  Muda Talamau

SNdotCOM, Talamau adalah nama sebuah kecamatan di Kabupaten Pasaman Barat. Kecamatan ini memiliki bukti-bukti sejarah pada masa penjajahan belanda dan Jepang.

Selain itu, pada awal terbentuknya Kabupaten Pasaman pada awal kemerdekaan, Talu dijadikan ibukota Kabupaten Pasaman sebelum dipindahkan ke Lubuk Sikaping pada masa kepemimpinan Bupati Basyrah.

Talamau juga gudangnya kaum muda. Di dalam Undang-undang Nomor 40 Tahun 2009 tentang Kepemudaan pada Pasal 1 Ayat (1), mendefinisikan "Pemuda adalah warga negara Indonesia yang memasuki periode penting pertumbuhan dan perkembangan yang berusia 16 (enam belas) sampai 30 (tiga puluh) tahun."

Meskipun usia muda belum menjamin kesuksesan dalam memimpin organisasi, tetapi karakter pemuda yang identik dengan pembaruan, kreatif, out of the box, energik, berani, dan bersemangat, menjadi harapan agar Kecamatan Talamau jauh lebih baik. Kecamatan Talamau butuh tangan-tangan berani yang mampu membawa daerah ini bersegera bangkit dan mengejar ketertinggalan dalam berbagai bidang.

Yahhh... Talamau sangat butuh anak muda yang bergerak maju untuk terus berkarya. Sehingga harus ada pelekat yang menyatukan kaum muda sehingga lebih terorganisir dan sistematis.

Di media sosial seperti Facebook, seringkali kita membaca 2 kata yaitu Terus_Bergerak yang di pelopori oleh Dasri, seorang tokoh muda Talamau yang mempunyai karya dan rekam jejak yang jelas.

Maka hal ini menjadi semacam penyadaran dan kekuatan untuk generasi muda dengan jargon Terus_Bergerak. Agar generasi muda tidak melulu menjadi objek, tapi bisa menjadi subjek kepemimpinan di daerah Talamau.

Idiom Terus_Bergerak mempunyai makna yang sangat mendalam, yang perlu dibuktikan dengan aksi yang nyata dan karya yang jelas. Yaitu hal-hal yang mendasari kemauan generasi muda untuk berkontribusi di manapun, dan pada jabatan apapun.

Kita pasti bisa berkontribusi dengan posisi masing-masing. Mau jadi anak muda politisi kah kita, atau anak muda akademis? Atau mungkin memilih anak muda petani, bisa jadi juga ingin menjadi anak muda entrepreneur?

Tidak masalah. Masing-masing harus memanfaatkan perannya untuk kemajuan negeri. Dan salah satu langkah untuk memajukannya adalah dengan merajut persatuan, kesatuan, dan Terus_Bergerak.

Penulis: Roiz Zulhadi




Write a Facebook Comment

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

View all comments

Write a comment